banner



Social Media Marketing Start-up

Perkembangan teknologi semakin cepat. Teknologi membantu semua orang untuk mendapat kesempatan yang sama. Dengan adanya media sosial maka komunikasi semakin cepat dan mudah dilakukan, baik itu dengan meng-chat, telepon, ataupun video call. Saat ini media sosial tidak hanya digunakan oleh anak muda saja, tetapi sudah menjadi platform yang digunakan secara umum. Jika melihat di sekeliling kita, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua sudah menggunakan media social dalam kehiduapn sehari-hari.

Berikut ini data tren internet dan media sosial menurut Hootsuite



Persentase pengguna mobile internet dan yang menggunakan setiap platform : https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/

Aktif di dunia digital adalah salah satu cara paling efisien untuk menarik perhatian customer. 66% dari pemilik bisnis startup mengatakan bahwa mendapatkan customer baru adalah salah satu prioritas bisnis mereka. Namun untuk memenangkan pasar di media sosial bukan hal yang mudah. Tanpa adanya strategi yang sesuai, sangat sulit bagi startup untuk mendapatkan konversi dari reach menjadi goal yang diinginkan, misalnya klik ke tautan yang dibagikan.

Berikut ini adalah chanel digital marketing yang paling sering dilakukan :

1. SEO

Bagi Anda pemilik bisnis, pasti mau kan bisnis Anda muncul di halaman pertama, ranking paling atas di Google? Inilah mengapa Anda perlu SEO. Search Engine Optimisation atau yang lebih dikenal dengan nama SEO adalah sebuah kegiatan optimasi website agar mereka muncul di halaman pertama hasil pencarian search engine, seperti Google atau Bing.

2. SEM

Search Engine Marketing adalah salah satu kegiatan marketing dan advertising dimana Anda memasang iklan yang akan muncul di hasil pencarian Google.

3. Social Media Marketing

Social media marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan menggunakan media social. Melalui media social, perusahaan atau brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.Jika bisnis Anda sudah aktif di social media, maka Anda perlu melakukan strategi agar bisa mempromosikan produk dengan efektif.

Social media yang sering digunakan untuk promosi adalah Instagram dan facebook.

1. Instagram

Kenapa perlu menggunakan Instagram untuk bisnis? Karena semua orang pasti memiliki Instagram. Kita bisa menjelaskan produk dengan cara yang unik dan menyenangkan, Mereka mengajak customernya untuk berbagi pengalaman mereka dan tag Airbnb di Instagram. Instagram fokus pada story-telling (cerita), Konten visual adalah konten dengan engagement paling tinggi di internet, Anda bisa menjangkau banyak orang dengan fitur-fitur Instagram. Pastikan bahwa video dan gambar yang Anda post sesuai dengan brand Anda.

• Content Schedule & Posting Rate

Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengupload gambar dan seberapa sering sebaiknya Anda melakukannya. Berikut ini data Instagram engagement tertinggi:

Engagement di hari biasa bisa dibilang sangat tinggi. Secara keseluruhan, engagement rate paling tinggi ada di hari Rabu jam 3 sore, Kamis jam 5 pagi, 11 pagi, dan 3-4 sore, dan Jumat jam 5 pagi. Engagement rate paling rendah di hari Minggu.

• Instagram post: postingan yang mempromosikan bisnis Anda. Postingan ini bisa berupa quote-quote motivasional, kontes, giveaway, review, dan testimonial. Konten yang perlu diposting dalam Instagram post adalah 1/3 brand posts 1/3 sell posts 1/3 share posts.


Instagram post Cubic https://www.instagram.com/cubic.inc/

• Instagram Stories

Instagram Stories ada di bagian atas feed Instagram. Anda bisa mengupload foto dan video ke Instagram Story and itu akan hilang setelah 24 jam. Postingan konten yang bisa dipost di Instagram story adalah Quiz, tutorial, polls, ask question, Kontes dan story interactive dan masih banyak yang lagi untuk meningkatkan engagement. Keuntungan dari Instagram story adalah anda bisa mengetahui feedback dari followers dengan cepat dan mudah.


Instagram post Cubic https://www.instagram.com/cubic.inc/

2. Facebook

Facebook Business Page adalah fitur Facebook untuk membantu bisnis berkembang. Facebook Business Page bisa membantu Anda membangun komunitas Facebook Business Page juga bisa membantu meningkatkan SEO.

Anda bisa menjangkau audience audience Anda dengan menggunakan Facebook Ads. Fitur ini membantu Anda untuk menargetkan audience Anda sesuai dengan demographics seperti umur, lokasi, edukasi, interest, dan sebagainya.

3. YouTube

YouTube adalah website yang paling sering dikunjungi di dunia kedua. YouTube menjangkau lebih banyak audience berusia 18-49 tahun dibanding TV. 70% user millennial YouTube menggunakan YouTube untuk mempelajari berbagai hal baru. Anda bisa mengupload event videos, upload Q & A, tutorial, tips and trick di youtube chanel bisnis.

4. WhatsApp & Email Marketing

Email & WA Marketing juga merupakan strategi yang penting dalam digital marketing untuk bisnis. Mengirimkan email mingguan seperti kontes, giveaway, diskon, undangan event, dan updates untuk customer setia Anda dapat meningkatkan kesetiaan customer. Salah satu cara untuk mengadakan program loyalty ini adalah dengan mengumpulkan email pelanggan dan memberikan penawaran khusus bagi mereka yang memberikan email ke Anda (event penting, promo dan diskon, updatean blog).

Social Media Guideline

• Brand Image

Brand Image harus terlihat di konten visual brand Anda. Ini membantu menentukan gambar dan graphic seperti apa yang ingin ditampilkan di media social.

• Brand Voice

Brand voice adalah kepribadian dan nada bicara brand Anda di dunia digital. Ini mempengaruhi bagaimana brand Anda berbicara dan berinteraksi di social media, baik itu melalui caption, tweet, komentar, atau balasan ke fans.

• Pastikan konten social media harus sesuai dengan followers

• Konsiten

Anda harus konsisten untuk membuat konten dan mempostingnya ke social media. Semakin banyak konten yang dipost maka akan engagement yang tinggi.

Penting diketahui bahwa cara terbaik untuk menggapai target pasar anda adalah dengan menggunakan pemasaran online, melalui media sosial bisa meningkatkan bisnis dan memberikan lead dan juga calon konsumen.

  • Share:

Social Media Marketing Start-up

Source: https://cubic.id/journals/digital-marketing-dan-social-media-untuk-startup

Posted by: valenzuelacountim.blogspot.com

0 Response to "Social Media Marketing Start-up"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel